span 1 span 2 span 3

BERITA

Tips & Trik

30 November 2017

Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Dunia yang semakin modern membuat jarak semakin tidak terasa, dan membuat mobilitas kita semakin tinggi. Tidak hanya mobilitas dalam negeri, namun juga mobilitas ke luar negeri. Baik untuk perjalan bisnis maupun liburan.

Liburan adalah aktivitas menyenangkan yang pasti ditunggu setiap orang, karena liburan merupakan salah satu cara jitu untuk melepas kejenuhan atas rutinitas sehari-hari. Meskipun liburan merupakan hal yang menyenangkan, namun bukan berarti liburan tidak memiliki risiko. Risiko mungkin terjadi dalam liburan anda seperti ketinggalan pesawat, kecelakaan diri, kerusakan bagasi dan mungkin jatuh sakit saat anda berlibur.

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, anda dapat membeli travel insurance atau asuransi perjalanan. Travel insurance tidak hanya melindungi liburan anda, namun travel insurance juga dapat melindungi perjalanan bisnis anda dan perjalanan-perjalanan anda yang lain. Berikut adalah tips-tips untuk anda dalam memilih travel insurance atau asuransi perjalanan.

1.    Reputasi Perusahaan

Kadang produk bagus yang ditawarkan datang bukan dari perusahaan dengan reputasi yang baik. Meski Anda tergoda untuk membeli produk tersebut, mengetahui reputasi perusahaan asuransi pemilik produk tetap harus menjadi prioritas sebelum menjatuhkan pilihan pada satu produk asuransi.

Untuk mengetahui reputasi ini bisa dilihat dari reputasi perusahaan serta performanya selama beberapa tahun terakhir. Anda bisa juga mencari tahu bagaimana mereka memberikan layanan kepada nasabahnya.

Dengan mengetahui reputasi perusahaan asuransi perjalanan, Anda bisa memahami seberapa aman dan yang Anda investasikan kepada perusahaan tersebut. Sehingga Anda akan senantiasa merasa aman dan nyaman saat membayar premi.

2.    Besaran perlindungan

Para pembeli premi asuransi perjalanan ini juga harus meneliti dengan detail hal apa saja yang ditanggung. Jangan sampai membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang telah dimiliki. Misalnya seperti cukup membeli asuransi perjalanan yang akan menanggung hanya kehilangan barang sebab sudah mempunyai asuransi jiwa sebelumnya.

3.    Waktu perlindungan

Anda bisa memilih asuransi perjalanan yang sesuai dengan lamanya waktu dalam melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan ini terkadang hanya akan menanggung risiko selama melakukan perjalanan. Misalnya seperti disesuaikan dengan tanggal yang tercetak pada tiket pulang dan pergi.

4.    Luas perlindungan

Untuk melakukan perjalanan wisata maupun perjalanan berisiko tinggi, terkadang perusahaan asuransi enggan menanggung. Adapun risiko tinggi yang dimaksud diantaranya adalah olahraga ekstrem, wisata alam liar maupun ke tempat yang dianggap berbahaya seperti ke daerah konflik. Untuk aktivitas ekstrem terkadang perusahaan asuransi juga akan menetapkan premi tambahan. Oleh sebab itu, maka sangat di anjurkan sekali untuk mengungkapkan semua rincian kesehatan di tahap awal dengan sebetulnya untuk menghindari penolakan klaim.

Tak lupa juga, sebelum Anda semua melakukan perjalanan yang jauh, baik ke luar kota maupun ke luar negeri, maka ada baiknya jika Anda semua mempertimbangkan asuransi perjalanan. Sebab keuntungan yang diperoleh dari asuransi perjalanan yang ditawarkan dengan produk ini juga sangat penting sekali sebagai antisipasi bila terjadi hal tidak diinginkan selama kita berlibur maupun bepergian untuk urusan pekerjaan.

Dengan beberapa kemudahan yang ditawarkan asuransi perjalanan, pembelian asuransi di pelabuhan atau stand bandara sudah tidak dianjurkan, karena penumpang jelas tidak memiliki kesempatan lagi dalam memberitahukan dokumen asuransi yang dimilikinya kepada pihak keluarga. Sehingga jika terjadi sesuatu di dalam perjalanan, keluarga bisa saja tidak tahu bahwa dirinya bisa mengurus klaim asuransi atas nama korban.

Sumber: futuready.com/artikel/travel/ini-faktor-faktor-yang-harus-diperhatikan-saat-bandingkan-asuransi-perjalanan/





< Kembali ke Menu