span 1 span 2 span 3

BERITA

Tips & Trik

30 November 2017

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Yang Tepat

Jika memiliki kendaraan, sudah seharusnya Anda juga mengasuransikannya. Ini karena  asuransi kendaraan akan melindungi Anda dari kerugian akibat risiko-risiko yang terjadi saat penggunaan kendaraan kapan saja.

Saat ini banyak perusahaan asuransi menawarkan jenis asuransi ini. Bingung memilih asuransi mana yang paling tepat untuk kebutuhan perlindungan kendaraan Anda? Simak kiat dari perencana keuangan Prita Ghozie ini.

1. Minta rekomendasi orang terdekat

Anda bisa mulai dengan tanya-tanya pada rekan kerja, keluarga, atau teman soal perusahaan asuransi yang mereka pakai. Cari tahu kualitas pelayanannya. Rekomendasi yang berdasarkan pengalaman akan sangat berguna. Setelah mendapat nama-nama perusahaan asuransi yang direkomendasikan, pilih dua atau tiga. Bandingkan besar premi, pertanggungan, dan jenis cakupan risikonya.

2. Perhatikan jaringan bengkelnya

Tujuan membeli asuransi kendaraan adalah memberi perlindungan bila terjadi kecelakaan baik besar maupun kecil. Tidak selamanya perbaikan mobil dilakukan di bengkel resmi merek kendaraan. Perhatikan ketersediaan bengkel rekanan perusahaan asuransi di sekitar tempat tinggal.

3. Ketahui cakupan perlindungan asuransi

Secara umum, perlindungan asuransi kendaraan ada dua, total-loss dan comprehensive. Namun selain itu Anda juga perlu melihat rincian perlindungan terhadap risiko lain yang mungkin terjadi seperti banjir, huru-hara, juga tambahan perlindungan lain tanpa premi tambahan.

Bila menemukan polis asuransi yang memperbolehkan Anda memilih perluasan jaminan tanpa harus dijadikan satu paket, asuransi tersebut bisa menjadi pertimbangan.

4. Proses klaim harus mudah

Anda harus pandai memilih perusahaan mana yang mengajukan kemudahan klaim. Perusahaan asuransi yang memiliki banyak cabang dan call center biasanya memberi kemudahan dalam pengurusan klaim. Selain itu, bandingkan juga besaran klaim premi dari beberapa asuransi.

5. Pastikan layanan nasabahnya baik

Perhatikan perusahaan asuransi. Apakah memiliki layanan pengaduan nasabah 24 jam, derek mobil, mobil pengganti, dan lainnya? Makin banyak layanan, premi memang makin besar. Namun Anda akan lebih terbantu.

Selamat memilih. Jika tidak yakin dengan pilihan sendiri, saat ini ada beberapa perusahaan rintisan yang bisa membantu memilah asuransi terbaik sesuai anggaran. Anda boleh mencoba memanfaatkan jasa mereka.

http://biz.kompas.com/read/2017/06/07/170000828/panduan.memilih.asuransi.kendaraan.yang.sesuai.kebutuhan





< Kembali ke Menu