span 1 span 2 span 3

BERITA

Tips & Trik

17 April 2020

Tips berkendara untuk mencegah penyebaran Covid-19

Wabah virus Corona atau Covid-19 telah membuat seluruh aspek kehidupan terdampak. Pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai aturan dan himbauan agar penyebaran wabah ini tidak bertambah luas. Aturan untuk menghimbau masyarakat untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah bahkan yang terbaru adalah Penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Dalam aturan PSBB, pergerakan masyarakat dalam menggunakan moda transportasi diatur sepenuhnya dan berlaku juga untuk kendaraan pribadi.

Bagi Anda yang masih aktif berpergian menggunakan kendaraan pribadi dan masih melakukan aktivitas di area publik, supaya tetap aman terlidungi dari virus Covid-19 saat mengemudi mobil, tentu ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut tips dari BCAinsurance:

1.   Pastikan kondisi tubuh Anda sehat

Dimulai dari menjaga kondisi tubuh tetap sehat sebelum Anda memutuskan untuk keluar rumah, karena virus ini mudah menyerang orang saat kondisi imunitas tubuh mulai lemah. Jaga pola makan dan minum air yang banyak, serta rajin mengkonsumsi multivitamin dan suplemen serta istirahat yang cukup.

2.   Cuci tangan sebelum dan sesudah menyetir

Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir merupakan hal yang wajib untuk meminimalisir potensi terinfeksi virus Covid-19 mengingat tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman dan termasuk menjadi media perantara berpindahnya virus.

3.   Gunakan masker saat berada didalam mobil

Menggunakan masker sangat dianjurkan mengigat kabin mobil merupakan area tertutup dengan sirkulasi AC yang juga hanya berputar di dalam mobil.

4.   Membawa hand Sanitizer

Disarankan pengemudi untuk membawa handsanitizer agar mudah untuk membersihkan tangan pada saat sebelum masuk dan setelah keluar mobil. Agar mudah dibawa keluar mobil, sediakan handsanitizer kemasan 100 - 600 ml.

5.   Rutin membersihkan  komponen mobil yang sering disentuh

Sejumlah bagian di mobil yang sering Anda sentuh dam sangat rentan akan keberadaan virus adalah setir mobil, tombol power widows, tombol audio, handle pintu dan handle transmisi. Maka dari itu Anda harus rajin membersihkankomponen-komponen tersebut menggunakan interior cleaner.

6.    Menjaga kualitas udara didalam kabin mobil

Antisipasi penyebaran virus Covid-19 dapat Anda lakukan dengan menggantik filter AC secara berkala. Filter AC ini berfungsi untuk menyaring udara masuk dari luar. Tentu setelahsekian lama menyaring udara kotor dari luar kemungkinan kesegaran kabin berkurang. Meski tidak menjamin partikel virus Covid-19 tersaring, namun setidaknya Anda berusaha menjaga kebersihan udara di dalam kabin mobil.

Nah beberapa hal diatas penting untuk Anda lakukan. Namun akan lebih baik jika Anda dan keluarga tetap mengikuti himbauan dari pemerintah untuk berkegiatan di rumah dan hanya keluar saat pada keadaan yang mendesak, sebagai wujud nyata kepedulian Anda memutus mata rantai perkembangan virus Covid-19.

 

 

BCAinsurance

Solusi tepat asuransi Anda

- Penunjang Komunikasi Bisnis -

Sumber gambar : Lisa Fotios -Pexels





< Kembali ke Menu