span 1 span 2 span 3

BERITA

Tips & Trik

11 Mei 2023

Jangan lupa untuk Cek kendaraan kamu yuk setelah pulang mudik

Momen mudik Idul Fitri 2023 adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak khalayak karena bisa berkunjung dan berkumpul dengan keluarga besar akhirnya tiba setelah Pandemi berlalu. Setelah melakukan perjalanan panjang ke kampung halaman, dipakai berkeliling untuk silaturahmi, macet panjang diperjalanan hingga melalui jalan yang kurang mulus, pemilik kendaraan justru jarang memeriksakan kondisi mobilnya. Padahal bisa saja mobil tersebut ‘kelelahan’ sehingga butuh perawatan ekstra setelah kerja keras.

Berikut Tips Merawat Mobil Setelah Dipakai Mudik lebaran:

  • Cek Spare Part / Oli Mobil

Lakukanlah hal ini sebagai prioritas utama, karena oli mesin dan Spare Part mobil memiliki fungsi yang cukup vital dalam proses kerja mesin. Kinerja mobil akan sangat bergantung pada cairan tersebut. Jangan lupa untuk membiasakan mengecek kembali komponen rem dan kopling. Karena perjalanan mudik yang jauh dengan kecepatan tinggi apalagi diselingi macet bisa membuat kampas rem dan kopling menipis

  • Bawa ke Bengkel Resmi Terdekat

Bawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat atau bengkel langganan yang terpercaya dengan mekanik yang berpengalaman. Karena Setelah perjalanan mudik yang macet dan panjang, Anda harus mengecek kopling, Beberapa komponen kaki-kaki mobil yang perlu diperhatikan. Dan tidak lupa untuk mengecek bagian bodi mobil, bisa saja Anda menemukan goresan pada bodi mobil atau lecet di bagian bumper depan, pintu atau bumper belakang.

  • Mencuci Mobil Sehabis Mudik

Mencuci mobil bisa Anda lakukan sebelum atau sesudah mudik. Namun alangkah baiknya setelah mudik. Mengapa? Banyaknya debu di jalan membuat kendaraan Anda kotor. Belum lagi jika hujan, jalanan becek, dan berlumpur. Sudah pasti mobil butuh dimanjakan seusai mudik. Anda bisa membawa mobil kesayangan ke bengkel. Lakukan pembersihan secara menyeluruh. Mulai dari bagian eksterior hingga interior. Cuci mobil kali ini perlu dilakukan secara mendetail. Terutama pada celah atau kolong mobil sebagai tempat menumpuknya debu.

  • Cek Asuransi Mobil

Cek asuransi mobil yang Anda miliki, apakah dapat memberikan perlindungan all-risk (untuk seluruh risiko) atau total loss only. Hubungi pihak asuransi untuk koordinasi mengenai perbaikan yang dibutuhkan mobil Anda pasca libur mudik. Manfaatkan perlindungan asuransi mobil agar mobil tetap terjaga setelah dipakai libur lebaran.

Asuransi Kendaraan Bermotor BCAinsurance Menawarkan produk asuransi kendaraan bermotor yang memberikan perlindungan terhadap:

  • kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor akibat kecelakaan,
  • pencurian, atau kebakaran
  • serta tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang terkena dampak dari kecelakaan yang terjadi.

Selain itu, produk ini juga menyediakan manfaat tambahan seperti jaminan kesehatan bagi pengemudi dan penumpang kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan.

Lakukan beberapa hal diatas untuk menjaga kondisi kendaraan anda sehingga terhindar dari kerusakan yang berpotensi menjadi masalah dikemudian hari!

Source: otomotif.okezone.com, rotarybintaro.co.id, hondaroyalkenjeran.com





< Kembali ke Menu